Rabu, 17 Oktober 2012

Perkembangan Peserta Didik part 1

* Seorang guru harus memiliki 4 kompetensi :
  1. Pedagogik --> merencanakan, melaksanakan, menilai, memahami peserta didik
  2. Personal --> objektif
  3. Sosial --> mampu berkomunikasi
  4. Profesional --> menguasai bidang atau pelajaran
* Proses Belajar Mengajar :


  1. Input (siswa) --> bakat, minat, motivasi, kepribadian, emosi, status sosial dan ekonomi, kepemimpinan dan do'a orang tua
  2. Output ( tujuan ) --> dalam memberikan pembelajaran
  3. Instrumental --> alat-alat atau fasilitas apa saja yang bisa dijadikan proses belajar mengajar
  4. Lingkungan --> kondisi atau situasi yang mendukung
* Menurut Bloom, ada 3 penilaian terhadap peserta didik :
  1. Kognitif
  2. Afektif ( tingkah laku )
  3. Psikomotor
* Menurut S. Freud, semua tingkah laku manusia dipengaruhi oleh insting dan perilaku manusia seperti gunung es, yakni ada perilaku sadar, perilaku ambang kesadaran, dan perilaku tidak sadar. Contoh perilaku ambang kesadaran : Ditelepon saat mengantuk, terkadang menjawabnya suka kemana-mana atau tidak nyambung.

* Teori Belajar Asosiasi --> Kesamaan waktu, situasi, dan lain-lain.

* Teori Stimulus-Respon terdiri dari :
  • Holistik
  • Behavioristik :  Tingkah laku manusia sebagai bentuk interaksi satu sama lain.
S---R atau S---O---R
                                                                 W---S---O---R---W
Keterangan : S = Stimulus, R = Respon, O = Organisme, W = World


W---S---R---O---E---R---W
Keterangan : W = World, S = Stimulus, R = Reseptor, O = Otak, E = Efektor

* Faktor-faktor dari stimulus yang sama tetapi berbeda respon :
  • Hal-hal yang menetap pada diri, contoh : jenis kelamin, usia
  • Tingkat pendidikan
  • Hal yang sementara, contoh : sakit/ kondisi badan
  • Kegiatan yang sedang berlangsung

0 comments:

Posting Komentar